About Diary Article Tutorial Freebies Lyrics Gallery

Apakah S1 Alih Jenis Kesmas UNAIR Masih Dibuka?

Konnichiwa minna ..
Bagaimana keadaan minna semua? Semoga masih diberi kesehatan dan terus diberi kesehatan ditengah pandemi COVID yang belum berujung ini yaa. Tetap sabar dan semangat, aku yakin kita semua pasti bisa melewatinya. Oh iya, banyak dari teman-teman yang dm aku di line, ig email maupun berkomentar di postinganku ini yang menanyakan apakah pendaftaran alih jenis kesehatan masyarakat di UNAIR masih dibuka? Oke kita bahas sama-sama ya ...
Saat aku mendaftar alih jenis kesehatan masyarakat di UNAIR tahun 2017, memang pendaftaran masih dibuka, tetapi daya tampung mahasiswa dikurangi dari tahun sebelumnya, yang berjumlah 120 orang di tahun 2016 menjadi 60 orang di tahun 2017. Sebenarnya, isu penghapusan alih jenis kesehatan masyarakan di UNAIR memang ada sejak aku baru masuk menjadi mahasiswa UNAIR di kala itu. Kenapa kok dihapus? Padahal jika dipikir dengan logika masih banyak peminat di program alih jenis tersebut.
Menurut salah satu dosenku saat mengajar, kompetensi alih jenis S1 kesehatan masyarakat dan S1 reguler agak berbeda, banyak yang mencibir anak alih jenis kesehatan masyarakat mempunyai kompetensi yang agak kurang dibandingkan dengan yang S1 reguler asli dari kesehatan masyarakat, karena mahasiswa alih jenis berasal dari bermacam-macam background yang basic utamanya bukan dari kesehatan masyarakat, melainkan dari bidan, perawat, kesling, analis, hiperkes, dan lain-lain. Entah ini benar apa tidak, isu ini yang populer dari telinga ke telinga di kampusku dulu, walaupun sebenarnya tidak ada jaminan bahwa mahasiswa reguler akan lebih baik dari alih jenis dalam segi kompetensi dan pengalamannya, who know? :)
Menginjak tahun 2018 awal, saat penerimaan mahasiswa baru, UNAIR masih membuka untuk S1 alih jenis kesehatan masyarakat, ditengah isu yang semakin memanas tersebut. Daya tampung mahasiswa pun juga masih sama yaitu 60 orang seperti tahun 2017 (angkatanku). Dan seperti yang minna ketahui bahwa setelah penerimaan mahasiswa alih jenis tahun 2018 tersebut, program alih jenis kesehatan masyarakat sudah tidak membuka pendaftaran alias hilang dari website PPMB UNAIR. Hal ini bisa dilihat dari website PPMB UNAIR yang hanya membuka pendaftaran alih jenis keperawatan dan kebidanan saja, seperti yang tertera dibawah ini :)
Nah, dari screenshoot website PPMB UNAIR di atas sudah bisa disimpulkan bahwa alih jenis S1 kesehatan masyarakat sudah tidak dibuka, dan hanya membuka untuk kebidanan dan keperawatan saja. Minna bisa melihat informasi tersebut di website PPMB UNAIR disini jika kurang puas misalkan hanya melihat dari gambar tersebut. Aku juga tidak tau menau terkait alasan sebenarnya universitas menghapus program alih jenis kesehatan masyarakat ini. Dan aku juga kurang tahu apakah pihak universitas akan membuka lagi program alih jenis tersebut atau tidak, soalnya dai tahun 2018 hingga sekarang tahun 2020 di websitenya tidak mencantumkan penerimaan terkait program tersebut.
Eits, tapi jangan patah semangat ya minna .. siapa tahu di tahun yang akan mendatang UNAIR akan membuka lagi program alih jenis kesehatan masyarakat tersebut dengan pertimbangan tertentu. Mimpi kita masih panjang bukan? Jadi jangan patah semangat ya minna, masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk meraih mimpi kita, betul? Sekiranya itu dulu dari aku, semoga dapat membantu ya minna. Aku pamit undur diri dulu, terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca postinganku ini dan sampai jumpa di postinganku selanjutnya ^^





Arigatou for reading, please leave a comment ^^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...