About Diary Article Tutorial Freebies Lyrics Gallery

Q&A Seputar Alih Jenis Unair

Halo, selamat sore minna .. bagaimana kabar kalian? Sudah lama banget ya sepertinya aku nggak posting di blog ini. Hiks maafkan huhu. Entah kenapa pas aku kuliah dua semester ini rasanya agak lebih berat dibanding pas kuliah D3 dulu. Oke tanpa basa basi lagi langsung ke topik kita kali ini yukk ..
Hasil gambar untuk q & a pink
Banyak yang DM aku di FB, Line, maupun di IG yang menanyakan tentang serba serbi kuliah di Unair, sebelumnya terimakasih banyaaak bagi kalian yang excited untuk mengungjungi blog ku ini, tanpa kalian aku hanyalah remahan rengginang, huhu.
Sepertinya juga sudah cukup jelas ya postinganku tentang bagaimana aku berjuang untuk lolos seleksi masuk Unair, tapi ada beberapa juga yang masih bertanya. Apakah menurut minna masih kurang ya? Kebanyakan juga menanyakan tentang hal-hal yang sudah aku tulis di blog pada postinganku sebelumnya. Tapi gapapa sih, hehe aku seneng juga kalau bisa membantu. Tapi aku berharap dibaca dulu sampai habis yaa agar kalian mengerti maksud dari tulisanku.
Hasil gambar untuk pay attention anime
Oke, ini adalah hal- hal yang masih sering ditanyakan padaku, kalian bisa baca satu persatu yaa minna ^^ 
  • Dengar-dengar Alih Jenis Kesehatan Masyarakat mau ditutup?  Hehe, kabar ini memang lagi booming banget di fakultasku, bahkan dosenku sendiri yang bilang. Kata beliau anak alih jenis kesmas aga kurang kompeten dibandingkan dengan yang asli ambil S1 kesmas (tapi nggak semuanya kok, buktinya temen-temen sekelas ku pada pinter-pinter dan sudah banyak pengalaman, hehe membela diri). Tetapi memang kuota nya dikurangi dari tahun ke tahun, entah kenapa aku juga kurang tahu. Dan hingga saat ini, tahun 2018 jurusan Kesmas masih dibuka kok. Semoga tahun berikutnya tetap dibuka yaa, semangat ^^
  • Cara Belajar sebelum ujian masuk gimana? Ini udah jelas banget yaa aku tulis di postinganku sebelumnya. Pertama, niat yang benar dari dalam hati bahwa minna benar-benar ingin lolos ujian masuk Unair. Hal ini memang terlihat sepele tetapi pengaruhnya sangat besar bagi perjuangan yang minna lakukan. Kedua, belajar sejak jauh-jauh hari. Kenapa? Bagi aku yang hampir 4 tahun tidak mempelajari pelajaran SMA dan tertumpuk oleh Askeb yang menggunung pasti banyak yang lupa (sepertinya hampir semua, hiks). Dan jika kalian memilih Gap year kayak aku, pastinya waktu untuk belajar lebih banyak. Jadi pesanku manfaatkanlah baik-baik waktu itu. Tetapi bagi mereka yang tidak memilih Gap year dan langsung melanjutkan juga banyak yang lolos kok, jadi jangan berkecil hati yaa. Tetap fokus pada tujuan. Ketiga, jangan terlalu tegang pada saat ujian berlangsung. Bawa santai aja meskipun kadang masih ada perasaan itu. Karena tegang bisa membuat konsentrasi buyar. Jadi usahakan jangan terlalu tegang. Oh iya, aku pernah membaca dari satu blog tetapi aku lupa alamat blognya, gomen huhu. Jadi dia bercerita tentang pengalaman daftar universitas kesana-kemari tetapi belum lolos juga di universitas yang dia mau, tetapi dia pantang menyerah dan tetap berusaha walaupun ditolak di universitas sana-sini. Sampai di akhir perjuangannya dia ketrima di salah saru PTN favorit sesuai dengan jurusannya, tips nya dia menyerahkan diri kepada Tuhan sepenuhnya. Dia dapat tips dari neneknya untuk membaca Bismillah sebanyak 100 kali saat berangkat, sampai dan akan mengerjakan soal ujian. Dan menurutku itu work banget untuk menghadapi ujian, dan ketegangan saat ujian entah kenapa jadi berkurang, hehe. Terimakasih yang udah pernah sharing pengalaman ini, kalau kalian tau bisa kasih tau aku alamat blognya ya, nanti aku cantumin disini ^^
  • Materi apa yang keluar? Nah ini juga sudah aku bahas yaa. Jadi materi yang keluar itu ada 3, yaitu TPA, Matematika dan Bahasa Inggris. Dan materinya khusus yang SAINTEK atau IPA ya. Untuk soalnya setara dengan ujian masuk SBMPTN tahun sebelumnya. Pengalamanku kemaren ada beberapa soal yang memang diambil dari soal SBMPTN tahun yang lalu. Dan untuk Bahasa Inggris soalnya sama kayak soal TOEFL gitu, jadi kalian belajar aja dari buku soal-soal ujian TOEFL. Oh iya, karena aku banyak yang lupa sama soal-soal SMA jadi aku juga ikut les online di Zenius, untuk soal-soalnya juga aku downloadnya dari sana. aku ambil yang paket 6 bulan kalau nggak salah.
  • Jumlah soalnya berapa? TPA 50 biji, dan Matematika sama Bahasa Inggris masing-masing 25 biji
  • Tips dan Trik Lolos Ujian? Udah aku sebutin yaa diatas poin ke 2, jangan lupa baca postinganku yang ini dan tips menghadapi ujian yang ini, semoga bisa membantu ^^
  • Dulu kos dimana waktu ujian? Berhubung dulu aku satu-satunya yang daftar dari kampusku, jadi aku nggak punya siapa-siapa untuk ditanya-tanya, cuma dari kakak-kakak yang lebih dahulu masuk di Unair. Tetapi aku dulu memang nggak ngekos, soalnya kebetulan ada saudara yang tinggal di Gresik (Gresik Surabaya kurang lebih 1 jam an) jadi aku ikut saudaraku yang di gresik, karena aku belum tau menau tentang Surabaya. Tapi sekarang aku lebih tau lah daerah Surabaya, khususnya yang deket dengan kampus. Dan aku tiap semester pindah kos, jadi udah muter-muter daerah sana, hehe. Apa minna ingin aku posting tentang kos yang ada di dekat kampus?
  • Dokumen yang perlu dipersiapkan? Semua sudah tertera di web pendaftarannya Unair yaa. Karena ini cukup banyak dan agak merepotkan aku saranin minna persiapkan sejak jauh-jauh hari supaya waktu pendaftaran bisa lancar dan tidak panik, hehe. Adakalanya saat daftar online dokumen minna ada yang salah. jadi masih punya waktu untuk memperbaiki kan, hehe. Dokumen yang perlu di scan diantaranya ijazah D3 atau SKL, transkrip nilai, surat keterangan akreditasi kampus dan akreditasi prodi, surat kesehatan, surat keterangan tidak buta warna dari dr. spesialis, KTP/SIM (identitas yang masih berlaku), foto terbaru, sama form dari Unair mengenai biaya, dkk. Mungkin itu dulu ya.
Oke, itu dulu nanti jika ada yang tanya lagi mungkin bisa aku tambahkan. Semoga postinganku kali ini cukup memberikan kejelasan pada minna dan bisa sedikit membantu. Terimakasih sudah membaca, dan semangat berjuang minna ^^




Arigatou for reading, please leave a comment ^^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...