About Diary Article Tutorial Freebies Lyrics Gallery

Tips Menghadapi Ujian By Me ^^

Hasil gambar untuk exam kawaii
Ujian .. ujian .. ujian
Wah, kata-kata itu merupakan salah satu momok bagi kebanyakan orang tidak peduli mereka anak-anak, remaja, dewasa maupun manula *ehh? manula? Bener nggak nih minna? Yaah tidak dapat dipungkiri juga, bagi kebanyakan orang ujian memang tantangan tersendiri untuk mengasah seberapa berkualitasnya diri mereka.

Ujian juga banyak jenisnya, nggak harus diatas kertas juga kan, ujian hidup contohnya ciah .. Oke deh minna, kali ini aku ingin berbagi sedikit pengalamanku untuk menghadapi ujian, nah ini sudah dekat dengan hari-H SBMPTN kan ya? Pasti kalian pada pusing mikirin ini itu, stress sampai mikir yang ekstra buat belajar sampai nahan ini itu, well memang kalau ingin sukses pasti banyak pengorbanan pastinya. Jadi percayalah usaha akan berbanding lurus dengan pencapaian, so keep it up !!
Hal dibawah ini merupakan pengalamanku saat aku akan ujian, tapi kalian jangan mengira ini untuk menghadapi SBMPTN saja yahh, karena dulu aku nggak pernah ikut SBMPTN dan baru akan ujian bulan depan sama kalian *gomen aku murid paling tua seangkatan mungkin yak, hiks. Oke deh lanjut ke topik..
  • Mantapkan niat
Yang paling penting adalah niat, kenapa sih niat itu penting? The power of niat, hiahaha. Oke niat itu penting karena mempengaruhi setiap usaha dan langkah yang akan kita ambil untuk melakukan sesuatu. Jika sudah niat, walau ada halangan dan rintangan yang membetang tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran *lah lah malah nyanyi, gomeeen. Tapi serius deh minna, niat itu membangun kepercayaan dan optimisme didalam diri kita loh, walaupun ada banyak masalah dalam mencapai sebuah hal, tetapi kalau kita sudah niat dengan sungguh-sungguh percayalah, masalah itu akan terlewati semua ^^. Intinya niat yang benar minna ingin melakukan apa, simple tapi beraat hehe.
  • Siapkan materi sejak jauh-jauh hari
Siapa nih yang disini suka belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam? Hayo pada ngaku, cieh. Ini nih yang biasanya dilakukan kebanyakan orang (aku dulu juga begitu sih, tapi sekarang sudah dapat pencerahan, yeah) Please mulai sekarang DON'T DO THAT !! Kenapa? Karena belajar itu tidak bisa dilakukan dengan instant minna, udah kek mie aja instan. Nah, jika kalian tetap melakukannya yahh kasian tuh otak kalian, kalau kalian ingat sih gapapa ya, tapi itu pun nggak akan bertahan lama. Paling abis ujian juga ilang lagi *fakta. Nah lebih parahnya kalau malam belajar mati-matian pagi hari setelah  bangun tidur hilang semua, kan rugi belajarnya. Oke sudah ngerti kan, Jadi belajarlah jauh-jauh hari dan jangan lupa luangkan waktu untuk belajar. Kalau gini kan kita bakal inget terus tuh, dan pada hari sebelum ujian kita tinggal mereview sedikit, siip.
Gambar terkait
kalau yang nggak suka kopi, jangan dilakukan yahh minna *plakk
  • Buat goals untuk memotivasi dirimu
Kalau lagi belajar, sering kan kita tidak semangat atau bosen, kadang motivasi belajar itu ada hanya pada hari-hari awal saja, setelah itu malas melanda *cieeh. Menurut survey, goals itu bisa membuat motivasi yang besar dalah diri kita lohh minna, jadi minna harus tanya pada diri sendiri ini ujian buat apa sih? Contohnya saja minna ingin ujian agar bisa masuk PTN favorit atau ingin lulus seleksi kerja, nah kita harus buat goals untuk melakukan semua itu. Dan bayangkan misalnya kalau nggak belajar minna nggak bakal ketrima di PTN favorit atau tempat kerja, nah loh ngeri juga kan? Kalau nggak ada niat gimana mau tercapai goalnya coba, apalagi goal nya tentang mimpi-mimpi yang keren, wih pastinya butuh perjuangan ekstra untuk mendapatkannya ya kan?
Nah kalau aku nih, setiap hari pasti aku sempetin baca motivasi orang-orang hebat, quotes tentang meraih mimpi, yang menurutku mereka berjuang mati-matian untuk mencapai mimpinya, mereka punya motivasi dan niat yang kuat, jadi aku sangat tertarik membaca tentang perjuangan mereka untuk mewujudkan mimpi tersebut. Mereka bisa, kenapa kita enggak? Dan hasilnya aku jadi overdosis motivasi, hehe dan efek sampingnya itu bisa menambah moodboster loh minna, jangan cuma chat dari gebetan aja yang dijadikan moodboster, hehe. Minna coba deh kalau nggak percaya ^^
Gambar terkait
nah loh, siapa yang biasanya kayak gini hehe ..
  • Buat manajemen waktu yang baik
PENTING!! Minna, manajemen waktu itu sangan penting banget ya, jangan kalian sepelekan hal ini. Karena dengan manajemen waktu yang baik maka persiapan kita dalam menghadapi ujian kelak akan semakin maksimal pula kita dalam menghadapi ujian. Main juga sebaiknya jauh hari sebelum ujian dikurangi kalau bisa, mungkin yang biasanya seminggu 3x nah ini jadi satu kali atau dua kali aja yah minna, lebih fokusin ke ujian dulu. 
Nah buat yang kesulitan saat belajar, atau yang kurang fokus, bisa nih minna minimalkan distraksi yang ada di sekitar minna semaksimal mungkin. Oh iya, aku pernah coba "Podomoro App" nih minna, kalian udah tau belum apa itu Podomoro? Nah, aku jelaskan sedikit yahh .. Jadi Podomoro ini sebuah teknik manajemen waktu untuk mencapai goals kita tentang apa yang harus kita capai pada waktu tertentu, review lengkapnya bisa dilihat di idgeekgirls.com yaa. Oh iya jika minna tertarik untuk mencobanya minna bisa cari di Play Store dengan mengetikkan kata kunci "Podomoro", disana ada banyak jadi pilih dengan yang minna sukai ^^
Hasil gambar untuk pomodoro adalah
nah ini adalah salah satu Podomoro App di Play Store
  • Banyak berdoa dan minta restu kedua orang tua
Penting nggak sih? Penting banget. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan yang menentukan, belum tentu yang kita anggap baik juga baik menurut Tuhan, so jangan lupa untuk terus selalu berdoa kepada Tuhan dan minta dilancarkan selama proses ujian. Restu orang tua juga penting, jika tidak ada restu dari orang tua kemungkinan besar banyak rintangan yang akan minna lewati, tetapi jika sudah mendapat restu dari orang tua rintangannya tidak ada yahh minna, rintangan tetap ada, tetapi kita akan lebih mudah mengatasinya.
Kalau aku sih, setiap akan ujian pasti meminta doa dari kedua orang tuaku agar dilancarkan ujian besok, hehe itu merupakan ritual wajib dalam setiap akan ujian, dan pastinya yang terpenting berdoa kepada Tuhan agar dilancarkan ujiannya dan mendapatkan hasil yang terbaik ^^
  • Exam, i am ready !!
Setelah semua hal diatas, saatnya minna siap untuk menghadapi ujian. Jangan terlalu gugup minna saat ujian. Karena gugup juga bisa mengurangi konsentrasi soalnya. Tips dari aku jika kalian ada ujian, sebaiknya kalian datang lebih awal dan jangan lupa untuk mempersiapkan perlatan ujian sejak malam, jangan nyiapin pagi hari pas mau berangkat yah, karena kepikiran ini itu bisa saja lupa bawa, kan malah nggak keren hehe.
Oke deh, jika minna melakukan semua dengan baik, pasti minna akan mendapatkan hasil yang baik pula, seperti quotes diatas tadi " Usaha berbanding lurus dengan pencapaian". Tetap percaya diri dan lakukan yang terbaik, oke minna. Kita akan berjuang bersama-sama yahh ^^
Hasil gambar untuk good luck for your exam pink kawaii
Baiklah minna, itulah beberapa tips dariku sebelum menghadapi ujian, semoga bermanfaat untuk minna semua yahh, dan good luck for your exam, i know you can do it !! Oke, sampai disini dulu postinganku kali ini, thanks for reading and see you in my next post. Love you all ^^




Arigatou for reading, please leave a comment ^^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...