About Diary Article Tutorial Freebies Lyrics Gallery

Ingin Wujudkan Mimpi, Sudahkah Kamu Mengenal Potensimu?

Apa yang sudah kalian perjuangkan hari ini untuk menjadikan mimpimu semakin dekat ke pelukanmu?
Setiap orang pasti punya mimpinya masing-masing, tentu saja mimpi-mimpi yang hebat dan pastinya keren abis. Tanpa mimpi, rasanya hidup ini hambar seperti sayur asam tanpa garam, flat dan nggak ada semangat buat menjalani hidup. Tetapi banyak juga loh orang yang nggak punya mimpi, bahkan mereka mengubur mimpinya dalam-dalam hanya karena tidak mau mengambil resiko dan berbagai alasan klasik lainnya, terkadang aku heran kenapa mengejar mimpi sendiri harus butuh banyak alasan. 

Sebenarnya, jika kita punya komitmen dan niat dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu, mau tidak mau otak kita juga dipaksa bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu tersebut, tidak peduli hal sulit dan rintangan apa yang akan menghalanginya, dijamin lewat semua deh, tanpa terkecuali. Walaupun untuk mencapainya kita butuh ekstra perjuangan.

Pada kasus lainnya, banyak orang yang punya mimpi tetapi tidak tahu langkah-langkah yang harus mereka ambil untuk mewujudkan mimpinya, walaupun sebenarnya mereka memiliki potensi diri yang cukup besar. Ketidaktahuan dan keterlambatan mengenali potensi diri seringkali berdampak pada terlambatnya proses terwujudnya mimpi seseorang, bahkan lebih parahnya mimpi yang sudah ada harus rela dilepas begitu saja, sayang banget kan kalau sudah begini. Bukankan mimpi adalah salah satu tujuan dalam hidup yang menentukan akan jadi orang seperti apa kita kelak? Well pendapat orang bisa berbeda ya. 
Hasil gambar untuk what must i do with my dream
Image source: https://www.fastcompany.com/

Mimpi dan potensi adalah dua hal yang sangat berkaitan erat, tanpa salah satunya berasa ada yang kurang dalam hidup. Kalian tahu nggak, menurutku longlast relationship itu nggak cuma ada pada hubungan antar individu loh, kalian juga bisa menemukannya kok pada hubungan antara mimpi dan potensi diri. Percuma kan punya mimpi hebat jika kalian tidak tahu apa sebenarnya potensi kalian sendiri. Bagi sebagian orang yang meragukan dan menganggap mimpi seseorang itu sebuah lelucon, aku pikir mereka belum cukup tahu bahwa sudah banyak orang sukses diluar sana karena pantang menyerah memperjuangkan mimpinya.
Aku tidak akan mengambil contoh dari orang lain, cukup bercermin pada diri sendiri disini. Aku bukan siapa-siapa, bukan seseorang yang terkenal apalagi seleb media sosial, dan aku juga bukan orang yang hebat. Aku berasal dari keluarga sederhana, ayahku seorang petani dan ibuku seorang ibu rumah tangga biasa. Aku sadar diri karena inilah aku dengan banyak kekuranganku. 
Aku hidup di sebuah desa yang cukup terplosok dan jauh dari kota yang bahkan akses internet pun cukup sulit. Disaat kebanyakan teman dan tetanggaku sudah banyak yang menikah, aku malah sibuk berpikir untuk bisa melanjutkan kuliah setinggi-tingginya. Aku punya mimpi ingin melanjutkan kuliah S2 dan S3 diluar negeri dengan beasiswa. Iya beasiswa, karena aku tidak sanggup jika harus membayar uang kuliah sendiri. Aku yakin bisa berkontribusi positif dan berbagi ilmu ke negara Indonesia tercinta ini kelak.
Dokumentasi pribadi 
Bukankan terdengar aneh jika mendengar seorang anak petani desa bermimpi setinggi itu? Aku tidak malu bahkan minder. Aku tidak peduli dengan apa yang orang lain katakan, karena aku tidak melarang orang lain untuk berkomentar, tetapi  aku sering tidak memikirkan apa yang orang lain katakan padaku. 
Selama bermimpi itu gratis, kenapa harus takut untuk bermimpi? Toh yang berjuang disini juga aku sendiri, jadi apa salahnya mencoba, dan bahkan aku punya Tuhan dan orang tua yang selalu ada untukku. Jiwa muda harus tetap semangat dong. 
Hasil gambar untuk be yourself
Saat menulis ini pun, aku sedang berjuang untuk ujian masuk universitas untuk bulan depan. Kok masih sempat ngeblog? Kenapa nggak, kan sudah ada niat dari awal, dan niat itu sukses mengalahkan keraguan, yang penting kita tahu mana yang jadi prioritas. Bagi kalian yang masih bingung cara mengenali potensi diri kalian, aku merekomendasikan sebuah situs yang bikin aku addicted banget, yaitu Youthmanual.
Youthmanual sendiri adalah sebuah platform yang akan membantu kalian mengenali diri sendiri dan potensi diri untuk mewujudkan mimpi serta karir masa depan kalian. Dengan mengenali kepribadian diri sendiri, kalian bisa mengembangkan lebih dalam lagi potensi yang telah kalian miliki. 
Hasil gambar untuk youthmanual
Bagi kalian yang masih bingung memilih universitas favorit dan jurusan kuliah, khawatir tentang karir kalian di masa depan, dan masih bertanta-tanya siapa  diri kamu sebenarnya, patut dicoba nih Youthmanual. Melalui paket Youthmanual explorer, kamu akan diajak untuk mulai mengenal diri kamu sendiri. 
Modul kepribadian yang akan membantu kamu untuk mencerna informasi, berani mengambil keputusan dan bagaimana kamu harus menghadapi banyak hal di sekitarmu. Modul minat yang akan membantumu mengenali hobi, kegiatan, kemampuan kamu dan pekerjaan apa yang menurutmu menarik dan cocok untukmu. Modul kemampuan yang akan membantu mencocokkan kemampuan dan jurusanmu serta profesi yang akan kamu ambil. 
Personal values yang membantu untuk mengetahui nilai-nilai kehidupan yang selama ini kamu anggap penting. Selanjutnya ada eksplorasi profesi, setelah kamu tau lebih banyak tentang potensi dirimu saatnya kamu mengeksplorasi tentang profesi apa yang cocok untukmu berdasarkan minat dan kemampuanmu. Belum cukup sampai disini, masih ada lagi eksplorasi jurusan dan kampus untuk mengetahui serta rekomendasi jurusan apa dan kampus mana yang benar-benar cocok untukmu, tentu saja dengan melihat minat dan kemampuanmu. 
Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan info menarik terkini tentang berbagai macam hal melalui artikel-artikel di Youthmanual yang sangat bermanfaat, keren abis kan. Pengalaman pertamaku daftar di Youthmanual, entah kenapa aku tidak berpikir panjang dan langsung daftar saat itu. Langsung deh aku coba fitur-fitur di Youthmanual dan saat aku selesai mengerjakan satu modul di Youthmanual, aku merasa bahwa rasa percaya diriku semakin bertambah, serius. 
Aku menyadari bahwa kita semua istimewa dengan perbedaan dan potensi diri masing-masing. Lalu bagaimana cara daftarnya? Gampang saja, kamu bisa mendaftar gratis di Youthmanual, tetapi jika kalian menginginkan fitur terbaru dan terlengkapnya, kalian bisa mendaftar paket Youthmanual explorer hanya dengan 79.000 rupiah saja. Mahal? Jangan khawatir, kini kamu bisa mendapatkan diskon 10% hanya dengan memasukkan sandi "KEJARMIMPI10" lhoo, asyik kan. Masih punya pikiran mahal? Aku rasa tidak, mengingat banyaknya manfaat dan informasi yang bisa kalian dapatkan dari Youthmanualso kenapa masih ragu? Aku pastikan kalian akan menyesal jika tidak segera mendaftar, hehe. 
Hasil gambar untuk youthmanual
Sudah daftar, nah sekarang bagi kalian para siswa atau mahasiswa pastinya ingin akses Youthmanual dimana saja dan kapan saja dengan mudah kan, kalian bisa langsung mengakses lewat smartphone atau notebook kalian, jika kalian mengakses lewat notebook pastinya akan ribet jika dibawa kemana-mana. Apalagi kalau misalnya kalian ingin mengerjakan tugas, repot kan kalau harus bawa laptop yang super gede dan berat itu? 
Kini kalian bisa mempertimbangkan Acer Switch One sebagai notebook kalian. Kenapa harus Acer Switch OneAcer Switch One merupakan produk dari Acer yang memiliki layar lepas pasang dan touchpad yang sudah mendukung gesture pada Windows 10 dan tentu saja banyak sekali fitur yang berfungsi prima. Selain mudah dan tidak berat, Acer Switch One juga cocok bagi kalian penggemar game, pasalnya dengan prosessor Intel Quadcore generasi terbarunya, kalian tidak perlu lagi khawatir akan terjadi lemot pada perangkat, serta dengan baterainya yang tahan lama, kalian bisa bermain game dan belajar tanpa adanya gangguan. Wah, keren banget sesuai dengan tagline nya nih “two is better than 1” (terinspirasi dari http://www.acerid.com/).
Punya Acer Switch One adalah sebuah mimpi, betapa mudahnya mengerjakan tugas, belajar dimana saja dan kapan saja, tanpa ribet harus membawa notebook atau laptop yang berat. Desainnya yang keren pasti membuat banyak orang iri, dengan Acer Switch One aku pasti bisa mencari lebih banyak informasi tentang berbagai beasiswa tanpa terganggu dengan layar smartphone yang relatif lebih kecil. Semakin kita mudah mencari informasi dan belajar, semakin dekat pula mimpi ke pelukan, bukankah begitu? Tugas dari kampus pun akan lebih efisien untuk dikerjakan tanpa bingung harus membawa laptop kemana-mana. Sungguh teknologi super canggih dan keren.
Hasil gambar untuk acer switch 1-sw1-011
Oke, yang terakhir aku akan membagikan sedikit tips yang mungkin bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua, untuk mengejar mimpi kita dibawah ini:

  • Bulatkan tekad dengan niat yang benar, kamu ingin jadi orang seperti apa, dan pikirkan matang-matang apa mimpi yang harus kamu capai, dengan mengenali potensi dirimu mulai sekarang. Punya mimpi itu harus dan wajib.
  • Kalau sudah niat, mulailah mengembangkan potensi dirimu sedikit demi sedikit, tidak harus dengan hal-hal yang hebat, mulailah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Kamu bisa mendalami hobi yang kamu sukai dulu, selanjutnya kamu bisa mengikuti lomba-lomba kecil di daerahmu, hal ini berguna untuk mengasah potensi dirimu lebih dalam lagi.
  • Berjuang dan bersungguh-sungguh untuk mengejar mimpi adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan, jika ingin sukses tentu saja kamu harus berjuang keras untuk meraihnya. Jangan budayakan malas dan suka menunda-nunda pekerjaan, jika saat itu kamu punya waktu untuk mengerjakannya, segera lakukan. Hal ini juga akan membantu membuat kamu disiplin dan menghargai waktu.
  • Belajar dengan giat dan konsisten. Jadikan belajar itu sebagai hal yang membuatmu kecanduan yang tanpa disuruhpun kamu akan tetap melakukannya. Memang kedengarannya berat, tetapi mulailah menerapkannya sedikit demi sedikit dari sekarang. Belajar juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, mempelajari hal-hal baru yang belum kamu tahu juga disebut belajar, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar. Jika kalian punya pertanyaan atau belum mengerti tentang sesuatu, bisa nih kalian tanyakan kepada mereka yang menurutmu lebih ahli pada bidang tersebut, jadi jangan takut untuk bertanya.
  • Be yourself, jangan pedulikan pandangan orang tentang kamu, jadilah dirimu sendiri. Lakukan hal positif apa saja yang kamu sukai, karena ini adalah hidumu. Jangan membatasi dirimu untuk berkreatifitas tanpa batas, dan jangan mempedulikan kekuranganmu. Yakinlah bahwa orang lain juga punya kekurangannya masing-masing.
  • Selalu berdoa kepada Tuhan dan minta restu kedua orang tua agar apa yang ingin kamu lakukan selalu diberi kemudahan dan diberi kelancaran dalam setiap usaha yang kamu lakukan. Manusia wajib berusaha dan hanya Tuhan yang menentukan. 

Hasil gambar untuk dream tumblr

Baiklah, inilah akhir dari postinganku tentang perjalanan untuk mengenali potensi guna mewujudkan mimpi, terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca, tetap semangat dan jangan pernah menyerah. Mari kita berjuang bersama untuk mewujudkan mimpi kita masing-masing, usaha itu berbanding lurus dengan pencapaian, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. “Belajarlah ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap, William A. Ward”.





Arigatou for reading, please leave a comment ^^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...